Chinese Garden Singapore : Taman Dengan Desain Lanskap ala Tiongkok di Kota Singapura

Chinese Garden Singapore : Taman Dengan Desain Lanskap ala Tiongkok di Kota Singapura
Chinese Garden Singapore : Taman Dengan Desain Lanskap ala Tiongkok di Kota Singapura

Singapura memang sudah sangat terkenal akan kemajuan negara dan kecanggihan teknologinya. Hal tersebut tampak jelas pada Gardens by the Bay maupun struktur Marina Bay Sands. Tak mengherankan, destinasi-destinasi wisata tersebut tak pernah sepi pengunjung.


Namun, tahukah sobat WisataYuk bahwa Singapura juga memiliki destinasi dengan nilai budaya tradisional yang kental? Chinese Garden Singapore merupakan wajah lain negara ini. Taman dengan arsitektur khas China-nya ini tentunya memiliki atmosfer yang bertolak belakang dengan destinasi wisata di pusat kota Singapura.


Mengenal Chinese Garden Singapore


Chinese Garden Singapore adalah merupakan sebuah taman yang sangat luas yang terletak di bagian barat negara Singapura. Taman ini terhampar di atas tanah seluas 13.5 hektar. Dari namanya saja, sudah bisa kita tebak jika arsitektur dari bangunan taman ini kaya akan pengaruh budaya Tiongkok. Mengunjungi taman ini, kamu akan merasa sedang ada di Tiongkok alih-alih berada di Singapura.


Lokasi taman ini yang cukup jauh membuat Chinese Garden Singapore tak banyak dilirik wisatawan. Padahal, jarak yang ditempuh akan sepadan dengan apa yang dapat dilihat di taman ini. Bangunan-bangunan dengan ujung atap melengkung seperti di film-film Kungfu China memenuhi taman ini. Pagar yang mengelilingi komplek taman ini pun sangat khas akan nuansa China dengan warna putih dan ventilasi mungil di tengah pagarnya.


Di atas lahannya yang luas, Chinese Garden Singapore pun memiliki sebuah danau buatan yang dapat menemani saat-saat santai kamu di sini. Pohon-pohon rindang melengkapi nuansa hijau taman ini. Tak mengherankan, banyak orang yang menjadikan Chinese Garden Singapore sebagai lokasi untuk pemotretan prewedding mereka.


Taman ini dibuka setiap hari sejak pukul 6 pagi hingga 11 malam waktu setempat. Untuk masuk ke Chinese Garden Singapore, kamu tidak perlu menyiapkan uang untuk tiket masuk karena masuk ke taman ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Kamu dapat menggunakan MRT dengan warna hijau bernomor EW25 dari pusat kota Singapura untuk menuju taman ini. 


Ada Apa Saja di Chinese Garden Singapore?


Chinese Garden Singapore bukanlah taman biasa. Taman raksasa ini akan membawa kamu terbang ke era kekaisaran Tiongkok kuno dengan bangunan-bangunannya. Terdapat banyak sekali bangunan dengan karakter Tiongkok yang sangat kuat di sini. Berikut ini bangunan yang akan kamu temui jika berkunjung ke Chinese Garden Singapore.


7 Storey Pagoda


Apakah sobat wisata pernah melihat menara Tiongkok yang menjulang 7 tingkat? Nah, bangunan itu dinamakan 7 Storey Pagoda. Chinese Garden Singapore memiliki bangunan tersebut di dalamnya. Pagoda 7 tingkat ini sangat tinggi, sehingga begitu kamu memasuki komplek taman, bangunan ini akan langsung terlihat. Padahal, bangunan ini terletak di bagian belakang taman.


Pagoda ini berdiri di atas bukit buatan. Sobat wisata bisa masuk dan menaiki pagoda ini sampai ke puncak tertingginya. Namun, kamu harus punya stamina yang kuat karena hanya ada anak tangga yang akan mengantarmu ke atas.


Twin Pagodas


Pagoda kembar ini tak setinggi 7 Storey Pagoda. Namun, letaknya yang tepat di tepi Danau Chinese Garden membuat pagoda ini sangat cantik. Banyak orang mengabadikan momen dengan latar pagoda ini di belakangnya. Jika ingin, kamu pun dapat masuk ke dalam pagoda kembar ini.


Garden of Abundance


Garden of Abundance merupakan sebuah taman di dalam Chinese Garden Singapore. Taman hijau ini dipenuhi dengan 12 patung yang menggambarkan 12 shio dalam kehidupan. Terdapat penjelasan di dekat patung-patung tersebut yang bisa kamu baca.


Jembatan Putih


Jembatan yang satu ini bukan sembarang jembatan yang dicat warna putih. Jembatan ini memiliki bentuk megah dan mewah layaknya jembatan yang ada di kekaisaran China. Di Chinese Garden Singapore, jembatan putih ini menghubungkan Chinese Garden dengan Japanese Garden yang lokasinya berdampingan.


Bonsai Garden


Sesuai namanya, Bonsai Garden merupakan rumah bagi berbagai tanaman bonsai di Chinese Garden Singapore. Di sini, sobat wisata bisa melihat hasil karya bersama manusia dengan alam pada tanaman-tanaman yang menjadi koleksi taman ini.


Turtle and Tortoise Museum


Bukan hanya hal-hal yang berbau tanaman, di Chinese Garden Singapore juga kamu dapat mengunjungi sebuah museum kura-kura. Museum ini menyimpan koleksi 500 kura-kura dan penyu dari 40 spesies berbeda. Dengan koleksi tersebut, museum ini dikatakan sebagai museum kura-kura dengan koleksi hewan terbanyak di dunia. Untuk masuk ke museum ini, kamu akan dikenakan biaya untuk tiket masuk.


Kesimpulan


Jika sobat wisata mencari destinasi wisata yang lain daripada yang lain, datanglah ke Chinese Garden Singapore. Orang-orang tidak akan menyangka jika sobat sedang berada di Singapura. Namun, karena jaraknya yang lumayan jauh, sobat harus mengalokasikan cukup banyak waktu untuk dapat menikmati tempat ini. 

0 Komentar