30+ Tempat Wisata di Barru Sulsel Terbaru yang Populer Untuk Dikunjungi

30+ Tempat Wisata di Barru Sulsel Terbaru yang Populer Untuk Dikunjungi
Diana Waterpark Barru



Wisata Barru Sulsel
- Barru merupakan salah satu dari 24 kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dan dikenal sebagai sentra budaya dan seni di Sulawesi Selatan. Sebagai salah satu destinasi yang banyak menyimpan potensi wisata menarik, Barru terbagi dalam 7 wilayah kecamatan. Yaitu Kecamatan Tanete Rilau, Tanete Riaja, Barru, Soppeng Riaja, Balusu, Mallusetasi, dan Pujananting. Selain terkenal sebagai kota Hibridah Barru juga terkenal dengan beberapa destinasi wisata unggulannya. 


Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sulawesi Selatan, Kabupaten Barru sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas akomodasi yang mampu memberikan kenyamanan kepada setiap wisatawan yang berkunjung. Mulai dari homestay, penginapan hingga hotel semua tersedia sehingga memberikan banyak pilihan bagi wisatawan sesuai dengan budget yang dimiliki. 


Nah lalu seperti apa daya tarik Tempat Wisata di Barru Sulsel, dan hal menarik apa saja yang bisa kita nikmati saat pergi liburan ke sana ? Di bawah ini Wisata Terbaru akan menyajikan informasi daftar tempat – tempat wisata di setiap wilayah Kabupaten Barru yang populer untuk dikunjungi.


1. Celebes Canyon


Destinasi Tempat Wisata di Barru Sulsel pertama yang menawarkan objek wisata Hidden Canyon di Barru adalah Celebes Canyon. Alamat Celebes Canyon sendiri lokasinya berada di Libureng, Kec. Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762. Jam Buka objek wisata alam di Barru yang tersembunyi ini buka setiap harinya mulai dari jam 08.00 – 17.30 WITA. 


Daya tarik wisata Celebes Canyon adalah menawarkan destinasi wisata alam yang sangat indah, lokasi wisata yang tersembunyi, ada kolamnya, air terjun serta batuan berukir.


2. Pulau Dutungan


Wisata Pulau Dutungan Barru Sulsel merupakan pulau berpenghuni yang terletak di sekitar 32 kilometer di sebelah utara kota Barru. Pulau Dutungan memiliki luas 175 hektare dan merupakan salah satu tempat wisata pantai terlengkap di Barru. Air jernih kebiruan yang menyegarkan siapa pun yang melihatnya menjadi poin plus di mana sobat WisataYuk dapat menikmati biota laut yang sempurna. 


Kegiatan menyelam pada kedalaman 20 – 30 meter dengan mengikuti lajur tebing di bawah laut adalah olahraga air yang menjadi favorit bagi pengunjung yang disebut Wall-diving. 


3. Lappa Laona


Objek Wisata Barru Lappa laona yang berlokasi Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan menjadi sebuah idaman bagi wisatawan yang membutuhkan sebuah ketenangan, pemandangan sekelilingnya betul-betul asri serta alam dalam balutan hawa sejuk pegunungan. Wisata ini terletak pada ketinggian 1000 mdpl, sehingga suhunya berkisar antara 20-25 °C, tergolong sejuk. 


Merasakan alam pedesaan yang jauh dari polusi, memberikan kesegaran kembali setelah seharian beraktivitas. Tempat ini juga menyuguhkan nuansa alam yang spektakuler. Objek Wisata di Barru sulsel ini memiliki pemandangan indah terhampar di depan mata, perkebunan penduduk yang terdiri dari kopi serta kebun kakao dalam suasana lembah serta latar belakang perbukitan selalu tampak menghijau.


4. Bukit Maddo


Destinasi tempat wisata di Barru Sulsel yang populer dengan julukan ”Bukit Teletubbies Barru” bagi kalangan wisatawan Asing. Alamat Bukit Maddo sendiri lokasinya berada di Maddo, Tellumpanua, Kec. Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Indonesia. 


Daya Tarik utama objek wisata Bukit Maddo adalah menawarkan pesona pemandangan nan elok perbukitan hijau trofis dengan pesawahannya. Bukit Maddo memberikan suguhan eksotisme alam yang berbeda dengan objek wisata sejenisnya. Eksotis serta romantisnya pemandangan alam Bukit Maddo saat di waktu sore dan pagi hari, wisatawan memberinya julukan Bukit Teletubbies. 


5. Air Terjun Waesai


Alamat Air Terjun Waesai sendiri lokasinya berada di Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Daya tarik utama dari objek wisata air terjun waesai ini adalah pesona keindahan alamnya yang sangat indah, masih asri, berudara sejuk air terjun di Barru dengan ketinggian kurang lebih 10 meter. 


Eksotisme keindahan air terjun Waesai dijamin tidak kalah indah dengan objek wisata air terjun di Barru yang sangat terkenal dan sedang hit saat ini. Aktivitas wisata Favorit yang banyak dilakukan di pengunjung yang datang ke sini adalah selain mandi berendam juga berburu foto di tempat yang instagramable ini. 


6. Air Terjun Sarang Burung


Alamat Air Terjun Sarang Burung sendiri lokasinya berada di  Binuang, Kec. Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762. Daya tarik wisata Air Terjun Sarang Burung sendiri adalah inilah air terjun di Barru yang sangat indah, masih alami, suasananya tenang serta air terjunnya sangat unik. 


Keunikan Air Tejun Sarang Burung adalah karakteristik air terjun ini bentuknya berundak, sehingga kita bisa duduk – duduk di atasnya dan sekalian berfoto di tengah air terjunnya. Airnya yang sejuk dan sangat jernih menjadi aktivitas wisata favorit semua pengunjung yang datang ke sini pasti tidak sabar untuk segera mandi atau berenang di kolam air di bawahnya. 


7. Diana Waterpark Barru


Alamat Diana Waterpark di Jompie Kec. Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Jam Buka Diana Waterpark adalah setiap hari, Senin – Minggu, mulai buka dari jam 08.00 – 18.00 WITA. Daya tarik utama tempat wisata Diana Waterpark Barru adalah menawarkan sebuah waterpark atau taman/wahana air terlengkap dan terbesar di Kabupaten Barru. 


Wisata permandian Air Diana Waterpark sangat lengkap, diantaranya ada River Pool, Body Slide, Tube Slide, Little Oasis Playground dll. Diana Waterpark sangat rekomended dijadikan tempat wisata keluarga di Kabupaten Barru, karena sudah dilengkapi dengan fasilitas wisatanya mulai untuk anak kecil, dewasa dan keluarga. Harga Tiket Masuk Diana Waterpark sendiri saat ini adalah, pengunjung dewasa dan anak-anak Rp.35.000/orang untuk hari biasa dan untuk hari libur sebesar Rp.50.000/orang.


8. Pantai Ujung Batu


Alamat Pantai Ujung Batu sendiri lokasinya berada di Jl. Ladullah, Sumpang Binangae, Kec. Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90712. Lokasinya sangat strategis di mana, pantai ujung Batu ini berada di jalan raya yang menghubungkan antara kota Barru ke kawasan wisata Pantai Padongko dan Taman Wisata Bola Pitue. 


Daya tarik wisata Pantai Ujung Batu adalah selain menawarkan sebuah pantai dengan suasana yang nyaman dan pemandangan alamnya yang sangat indah, juga dikenal sebagai salah satu Pantai di Barru yang menjadi salah satu lokasi tempat wisata kuliner favorit para wisatawan untuk menikmati aneka jenis hidangan laut atau sea food. 


Banyak sekali terdapat warung – warung yang sediakan aneka menu hidangan laut seperti ikan bakar atau sate olahan dari ikan laut yang enak dan lezat, sehingga tidak salah jika Pantai Ujung Batu sangat rekomended kita kunjungi sebagai alternatif pantai tempat makan seafood di Barru.


9. Pantai Laguna


Objek Wisata Pantai Laguna di Barru Sulsel yang berlokasi di Pao-Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kab. Barru, Sulawesi Selatan 90761 merupakan tempat rekreasi penduduk lokal terutama muda-mudi yang ingin bersantai, merasakan segarnya angin laut dan deburan ombak, sambil menikmati hidangan di warung-warung tepi pantai, mereka menyajikan aneka makanan lokal seperti jagung bakar, roti bakar dan juga aneka minuman seperti kelapa muda, jus dll.


Lokasi para pedagang ini memang di bahu jalan pinggir pantai Laguna, orang banyak datang sambil bersantai menikmati sajian makan murah dan sekalian disuguhi pemandangan laut yang menyampaikan ketenangan, apalagi saat sore menjelang, menunggu sunset merupakan salah satu hal yang menarik bagi para pengunjung. Aksesnya yang begitu mudah dijangkau dan dengan kondisi jalan bagus.


10. Wisata Alam Sungai Batu Mallopie


Wisata Alam Sungai Batu Mallopie merupakan tempat wisata Barru Sulsel yang terletak di Maruala, Lompo Riaja, Kec. Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762.


11. Bukit Lakeppo


Bukit Lakeppo merupakan salah satu tempat wisata di barru Sulsel yang juga sobat wisataYuk kunjungi ketika bertandang ke Kabupaten Barru. Objek wisata bukit ini berlokasi di daerah Kading, Kec. Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai puncak para pengunjung harus rela berjalan kaki melewati jalan bebatuan. 


12. Pantai Padongko


Tak jauh dari pantai Ujung Batu dan berhadapan langsung dengan wisata taman Bola Pitue, sobat WisataYuk dapat menemukan pantai Padongko yang tak kalah memesona. Selain bisa menikmati matahari tenggelam, kamu bisa merasakan suasana yang lebih tenang. 


13. Lasonrai Beach


Saat berada di Barru, Anda bisa berkunjung ke Lasonrai Beach. Lasonrai Beach menjadi tujuan favorit para pelancong untuk menikmati keindahan wisata pantai di Barru. Lokasi pantai ini tepat berada di sebelah barat yang cocok untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam di pantai ini dikenal sebagai Sunset Beach. 


Menjelang matahari terbenam, banyak orang datang ke Lasonrai Beach untuk melihat keindahan suasana pagi hari. Ombak di Lasonrai Beach tidak terlalu tinggi sehingga tidak bisa menjadi lokasi untuk berselancar. Namun, para pengunjung dapat menikmati aktivitas menyenangkan lain, seperti snorkeling dan diving. 


14. Air Terjun Manuba


Objek wisata Air Terjun Manuba berlokasi di Manuba, Kec. Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90753


15. Air Terjung Tanjung Asap


Objek Wisata Air Terjun Tanjung Asap barru menawarkan keindahan air terjun, dengan segarnya air pegunungan alami dengan lingkungan hutan alami. Tempat ini cocok bagi para pecinta petualangan yaitu trekking, medan jalanan setapak berkelok dan naik turun, melewati hamparan persawahan dan juga perkebunan penduduk. 


Setelah sampai ke lokasi sobat wisata bisa menyaksikan keindahan tebing menambah kealamian tempat ini, ingin merasakan sensasi segarnya air pegunungan yang jernih. Objek Wisata Air Terjun Tanjung Asap yang berlokasi di desa Palakka, Kec. Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90711 ini menawarkan nuansa alam sejuk begitu khas pada daerah-daerah dataran tinggi pegunungan.


16. Monumen Paccekke


Alamat Monumen Paccekke sendiri lokasinya berada di wilayah Soppeng Riaja, tepatnya di Paccekke, Kecamatan Soppeng Riaja, Kab. Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.


17. Air Terjun To Magelli


Air Terjun To Magelli merupakan tempat wisata yang harus sobat wisata juga kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Di tengah rimbunnya kawasan perbukitan yang hijau terdapat Air terjun To Magelli. Nama dari To Magelli sendiri artinya adalah Orang Merajuk, karena air terjun ini ada lebih dari 1 air terjun. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 57 meter. 


Tempat wisata ini berlokasi di desa Kamiri, Balusu, Kamiri, Kec. Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762


18. Taman Wisata Bola Pitue


Inilah salah satu Tempat Wisata di Barru Sulsel yang sangat pembangunnya terinsipirasi dari rumah adat Sulsel. Alamat Taman wisata Bola Pitue sendiri lokasinya berada di depan pantai Padongko, Kelurahan Mangempang, Kec. Barru. 


Daya tarik wisata Taman Bola pitue ini adalah menawarkan objek wisata edukasi untuk mengenal lebih dekat keberagaman adat, seni dan budaya dari suku atau etnis di Sulawesi Selatan. 


19. Permandian Air Terjun Maremare


Alamat Air Terjun Maremare sendiri lokasinya berada di  Pujananting, Kec. Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762. Daya tarik tempat wisata baru di Barru ini adalah air terjunnya landai tidak seperti air terjun di Barru lainnya yang curam. 


Banyak pengunjung yang datang ke sini terutama saat libur akhir pekan, meski rute jalan untuk menuju ke Air Terjun Maremare ini terbilang cukup melelahkan. 


20. Bukit Bonto Payung


Keindahan dan kealamian suasana Bukit Bonto Payung sebagai tempat wisata di Barru Sulsel ini memang tidak perlu diragukan lagi untuk dikunjungi saat-saat berlibur. Tempat wisata indah ini yang berlokasi di  Pujananting, Kec. Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762 bisa menjadi pilihan utama sobat Wisata untuk berlibur dan menikmati alam yang masih sangat bersih. 


Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa. Bagi sobat wisata penikmat alam, belum lengkap rasanya bila Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata yang satu ini, sebab akan menjadi pengalaman tersendiri yang pastinya berkesan bagi Anda.


21. Wisata Alam Baruttungnge


Objek wisata ini terletak di Lalabata, Kec. Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90761


22. Coppo Tille


Objek Wisata Coppo Tille berada di dataran tinggi Barru yang penuh dengan tumbuhan hijau, dalam ketinggian di atas 8300 meter dari permukaan laut dan merupakan salah satu puncak tertinggi di Kabupaten Barru.


23. Padang Indah Alleppereng


Padang ini terletak di atas bukit hijau Allepereng desa bacu-bacu Kecamatan Pujananting dan diapit oleh tiga bukit indah. Sesuai dengan namanya Padang Indah Allepereng menawarkan panorama alam yang indah dan cocok untuk menjauh sejenak dari suasana perkotaan. 


24. Hutan Mangrove Pulau Pannikiang 


Alamat dari objek wisata hutan mangrove atau bakau Pulau Pannikiang sendiri lokasinya berada di Pulau Pannikiang, Madello, Kec. Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 9076.


Daya tarik objek wisata di Barru Sulsel ini adalah menawarkan pesona keindahan hutan bakau yang hijau dan asri serta udara yang sejuk. Agar sobat wisata dapat menikmati daya tarik wisata tersebut, sudah disediakan jembatan untuk berjalan kaki bagi pengunjung yang terbuat dari kayu sepanjang 2 kilometer yang membelah kawasan hutan mangrove. 


Di sebagian lokasi jembatan kayu, juga telah disediakan tempat khusus seperti shelter bagi para wisatawan untuk istirahat sembari menikmati suasana hutan mangrove tersebut. 


Salah satu aktivitas yang sangat menarik yang banyak wisatawan lakukan di sana adalah banyak pasangan yang melakukan foto prewedding di sana. Dan memang tidak salah, jika selama ini Wisata Hutan Mangrove Pulau Pannikiang di Barru ini selain sebagai tempat rekreasi juga merupakan salah satu lokasi tempat foto prewedding di Barru yang terkenal. 


25. Wisata Embung Paccekke


Wisata Embung Paccekke merupakan wisata permandian barru yang berupa kolam renang. Tempat wisata ini berada di Paccekke, Kec. Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90752. 


26. Labungnge Beach


Objek Wisata Labungnge Beach adalah salah satu tempat wisata di barru Sulsel yang berada di Jl. Moh. Said, Lampoko, Kec. Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762. Labungnge Beach memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Barru namu tidak mengunjungi Objek Wisata Labungnge Beach yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. 


Labungnge Beach sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Objek Wisata Labungnge Beach ini sangatlah baik bagi sobat wisata yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Labungnge Beach.


27. Bukit Paralayang Maddo


Bukit Paralayang Maddo merupakan objek wisata Barru yang menawarkan keindahan. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise. Pada tempat ini juga para pengunjung bisa melakukan paralayang dengan membayar biaya sebesar Rp. 450.000 dalam sekali terbang. Sobat wisata juga bisa camping di sini sembari menikmati pemandangan aliran sungai bottoe. 


Bukit Paralayang Maddo sebagai tempat wisata di Barru Sulsel ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Barru. Lokasi tepatnya terletak di Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.


28. Hutan Pinus Lajoanging


Objek wisata Barru ini berada di Dusun Lajoangin, Desa Harapan, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru SulSel.


0 Komentar