10 Tempat Wisata Terkenal di Papua, Terbaru Recommended, Serta Instagramable

10 Tempat Wisata Terkenal di Papua, Terbaru Recommended, Serta Instagramable
Tempat Wisata Terkenal di Papua


Beberapa tempat wisata terkenal di Papua yang popular dan bisa kamu kunjungi bareng keluarga, sahabat bahkan orang terkasih.


Ketika lelah kerja, Papua sering jadi tujuan guna melepas panas di hati. Bukan hanya karena suasananya yang nyaman dan asri, Papua yang merupakan bagian dari provinsi Papua di pulau Papua Barat ini juga memanjakan berbagai destinasi wisata yang menjadikannya serasa wajib dikunjungi.


Keindahan view alam Papua dan sekitarnya tak terlepas dari geografisnya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh tiga gunung.


Hadiah berupa keindahan alam inilah yang akhirnya dikembangkan menjadi daya tarik wisata dan dikembangkan lebih lanjut dengan menghadirkan kawasan rekreasi baru untuk meningkatkan daya tarik wisata.


Meluasnya penggunaan media sosial menjadikan tempat wisata Papua makin dikenal. Sejumlah developer juga menjajaki hobi traveling kaum milenial dengan membuat tempat wisata Papua.


Jika kamu salah satu yang lagi mencari referensi tempat wisata di papua yang terkenal, berikut rangkuman beberapa tempat wisata di Papua terbaru dan terpopuler yang bisa kamu kunjungi.


Inilah deretan tempat wisata Papua yang lagi kekinian di kalangan traveler milenial serta instagramable:


1. Pantai Tablanusu


  • Alamat: Desa Tablanusu, Waiya, Depapre, Entiyebo, Papua.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • HTM: Gratis


Tablanusu adalah sebuah desa kecil yang dekat dengan pantai, sehingga tidak heran jika di sekitar kawasan ini terdapat pantai alami yang sangat indah, yang menyandang nama yang sama dengan desa tersebut.


Yang membuat tempat ini unik adalah daerah pinggiran yang dipenuhi kerikil kecil, sangat berbeda dengan rata-rata pantai dengan kemiringan yang besar.


Tidak hanya di pantai, desa Tablanusu sendiri memiliki tanah kerikil. Lokasi pantai ini sangat terpencil dan sederhana.


Airnya yang jernih dan keindahan alam yang terbentuk dari deretan pohon kelapa membuat suasana di sekitar Pantai Tabanusu terlihat lebih sejuk dan asri.


2. Taman Wisata Alam Sorong


  • Lokasi: Klasaman, Sorong Timur, Papua Barat.
  • Buka Tutup: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk: Gratis


Jika Anda ingin mengunjungi Raja Ampat, jangan lewatkan Taman Wisata Alam Sorong, pintu gerbang ke nusantara ini.


Tempat wisata papua barat ini merupakan hutan lindung dan ekosistem yang sangat cocok untuk dikunjungi para pecinta alam. Di sini terdapat berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan.


Selain itu, terdapat area khusus berkemah (camping), area bermain outbond dan fasilitas pendukung lainnya. Di dekat Taman Wisata Alam Sorong juga terdapat penangkaran buaya yang juga bisa dikunjungi.


3. Pantai Batu Pica


  • Alamat: Yawosi/Fanindi, Biak Numfor, Papua.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • Telepon: +62 812 2034 9944
  • Tarif: Gratis


Biak merupakan salah satu provinsi di Papua dengan surga wisata alam yang luar biasa, dan Pantai Batu Pica adalah salah satunya. Pantai ini bukanlah pasir putih yang landai, melainkan sebuah batu karang yang tumbuh dan memiliki bentuk yang unik.


Fenomena menarik dapat ditemukan di sini, gemuruh alam yang cukup besar dipecah oleh ombak besar yang menghantam bebatuan.


Selain itu, bentang alam batu kapur ini menyerupai kayu meja, sehingga menimbulkan kesan unik jika dilihat.


4. Museum Cendrawasih


  • Alamat: Jl. Ahmad Yani, Samofa, Biak Numfor, Papua.
  • Buka: Setiap hari pukul 09.00 – 15.00
  • HTM: Gratis


Ada banyak hal alam di Papua, di seluruh provinsi Papua, jadi bagaimana dengan wisata sejarah?


Nah, provinsi ini memiliki museum Cendrawasih di Kabu. Biak, sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah, mudah ditemukan dan murah.


Museum Cendrawasih terletak di Lanud Biak, bangunannya sendiri sangat mencolok dan artistik berupa rumah panggung dengan berbagai tiang penyangga.


Bentuknya sendiri merupakan bentuk rumah adat Papua khas budaya Biak yang lebih dikenal dengan Rumstram.


5. Pasar Sentral Timika


  • Lokasi: Jl. Serui Mekar No. 65, Nawaripi, Mimika Baru, Papua.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis


Cari oleh-oleh khas Papua dengan harga murah? Atau sekedar wisata kuliner makanan khas tradisional dengan harga sipil? Pasar Sentral Timika adalah tujuan wisata yang paling cocok untuk keduanya.


Memang benar pasar tradisional ini ramai, ramai, kumuh dan becek, namun barang-barang yang dijual di sini, termasuk oleh-oleh, banyak dan cukup murah.


Pasar itu sendiri sebenarnya lebih banyak menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan pokok, serta berbagai ikan segar lokal.


6. Pantai Pasir Putih


  • Alamat: Jl. Pasir Putih, Manokwari Timur, Papua Barat.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • Tarif: Gratis


Datang ke kota Manokwari, ada objek wisata terpencil yang unik berupa pasir putih landai, pasir dan laut dalam tiga warna.


Dengan air putih jernih dan pasir putih jernih yang lembut, pantai ini sangat cocok untuk bermain air, snorkeling atau menyelam.


Agak jauh dari pantai, warna air mulai berubah menjadi batu permata bening atau hijau seperti pirus, sebelum menonjol lebih jauh dan menjadi biru tua. Sejauh mata memandang, sungguh menakjubkan.


7. Pantai Gedo


  • Alamat: Jl. Christian Waray, Sanoba, Nabire, Papua.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • HTM: Gratis


Desa Nabire dekat pantai juga memiliki tempat wisata, masih sepi dan jarang dikunjungi wisatawan, tapi pantainya sungguh indah dan menakjubkan.


Namanya Pantai Gedo, dan seperti kebanyakan laut di Papua, tempat ini biasanya memiliki air yang jernih berwarna biru kehijauan dan pasir putih yang halus.


Tidak hanya itu, ada juga taman bermain untuk hiburan anak-anak dan keluarga. Anda bisa menemukan beberapa fasilitas makan dan kamar mandi di area sekitar pantai ini.


8. Kebun Raya Wamena


  • Lokasi: Honelama, Wamena, Jayawijaya, Papua.
  • Buka: Setiap hari pukul 09.00 – 16.00
  • Harga Tiket Masuk: Gratis


Papua juga memiliki cagar alam yang melestarikan berbagai jenis flora dan fauna di pulau tersebut, seperti Kebun Raya Wamena.

Sayangnya, wisatawan masih jarang mengetahui keberadaan wisata alam sekaligus wisata edukasi tersebut karena mereka lebih memilih menikmati keindahan wisata bahari Papua.

Kebun Raya Wamena memiliki sedikitnya 800 jenis tumbuhan dan pepohonan yang terbagi menjadi taman bertema. Saat ini, 480 pabrik baru sedang ditambahkan, 55 di antaranya berasal dari luar negeri, yang sangat jarang.


9. Wasur National Park

  • Alamat: Sota, Merauke, Papua.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • Tarif: Gratis

Tak kalah dari Sabang, Merlauk juga memiliki banyak tempat wisata populer yang kurang dikenal seperti Taman Nasional Vasur.


Ada banyak jenis flora dan fauna langka di cagar alam ini, salah satunya adalah burung yang bermigrasi dari Australia ke Papua.


Salah satu kekhasan dari fenomena alam ini adalah Musamus, sebuah rumah rayap yang terbuat dari lumpur dan lumpur yang dibangun secara alami oleh koloni rayap setinggi hingga 5 m.


10. Teluk Triton


  • Alamat: Kaimana, Papua Barat.
  • Buka: Setiap hari 24 jam
  • HTM: Gratis


Beralih ke Kabu. Kaimana, tempat Teluk Triton berada, memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan luar biasa, bahkan keindahannya dianggap menyaingi Raja Ampat.


Ada pulau-pulau karang yang juga tumbuh di Raja Ampat, dan pepohonan yang subur rimbun, membuatnya terlihat eksotis.


Pulau-pulau karang yang menjulang tinggi, berpadu dengan air biru kehijauan yang jernih, menjadi daya tarik tersendiri. Didukung oleh perairan yang dangkal, pengunjung dapat menyelam atau snorkeling gratis di sini.


Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata papua selain raja ampat untuk memodifikasi kendaraan kamu. Tentu saja, Kamu wajib mempertimbangkan informasi di atas untuk memilih bengkal mana yang kira-kira sesuai.


Sudah menemukan tempat wisata Papua pilihan?


Demikianlah beberapa destinasi tempat wisata Papua terbaru, terfavorit dan instagramable untuk kamu datangi. Ini baru 10, padahal Papua mempunyai banyak sekali tempat wisata yang dapat jadi tempat self healing kamu. So, mau ke mana dulu nih?

0 Komentar