10 Makanan Khas Jepang yang Bisa Kamu Coba saat Jalan-jalan ke Negara Nippon

Wisata-Terbaru.com - Berkunjung ke negara asing tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi negara sendiri. Jepang sebagai negara destinasi favorit warga Indonesia memiliki sejumlah makanan tradisional yang sudah tidak asing lagi di lidah warga Indonesia. Banyaknya restoran Jepang di negara ini pun semakin mengakrabkan khazanah rasa makanan Negeri Sakura tersebut.


Sudah banyak makanan Jepang populer yang wara-wiri di Indonesia. Sebut saja sushi atau ramen, mayoritas orang Indonesia pasti akan mengenalnya. Beberapa bahkan menjadikan makanan Jepang sebagai makanan favorit mereka.


Apa saja sebenarnya makanan khas Negeri Matahari Terbit ini? Jika kamu berencana pergi ke negara ini, mengetahui berbagai jenis makanan yang dijual di sana wajib hukumnya. Di bawah ini akan diulas serba-serbi makanan khas di Jepang.


10 Makanan Khas Jepang yang Bisa Kamu Coba saat Jalan-jalan ke Negara Nippon


Makanan Khas Jepang yang Populer


Jepang memiliki ragam makanan yang sangat bervariasi. Mulai dari makanan dengan kuah yang khas hingga makanan bitesize. Jepang juga kaya akan berbagai macam makanan ringan yang dapat disantap sembari berbincang hangat dengan teman atau keluarga.


Bagi para pecinta kuliner, makanan Jepang memang memiliki ciri khas yang cukup kuat. Makanan lautnya yang segar, nasinya yang lengket, serta aneka hidangan yang dimasak dengan adonan tepung sungguh memberikan pengalaman baru pada lidah. Saus dan kecap ala Jepang pun sangat berkarakter. Apa saja makanan Jepang yang menjadi favorit banyak orang? Berikut ini daftarnya.


Sushi


Sushi merupakan makanan bitesize yang sangat populer bukan hanya di Jepang, tapi di berbagai penjuru dunia. Dalam hidangan ini nasi dengan cuka adalah bahan utamanya. Nasi tersebut diberi berbagai macam isian seperti salmon, belut, timun, telur, dan isian lainnya.


Nasi beserta isiannya akan dilapisi nori (rumput laut) dan digulung dengan anyaman bambu panjang. Beberapa sushi tidak menggunakan nori dan hanya meletakkan ikan mentah sebagai pugasannya. Semuanya nikmat, tergantung selera masing-masing orang; ingin sushi dengan isian atau pugasan.


Ramen


Selain sushi, ramen adalah makanan khas Jepang yang juga dikenal dunia. Ramen merupakan mi dengan kuah kaldu yang biasanya dilengkapi dengan irisan ikan, daging, dan daun bawang. Ramen sendiri memiliki banyak jenis kuah. Kecap (kecap) shio (asin) miso (gurih) dan tonkotsu (kaldu babi).


Udon


Sama dengan ramen, udon merupakan mi. Namun, bentuk udon jauh lebih tebal dan kenyal dibandingkan ramen. Penyajian udon tak jauh berbeda dengan ramen dengan berbagai pelengkap berupa daging dan irisan daun bawang.


Onigiri


Onigiri merupakan nasi kepal khas Jepang. Di negara mereka onigiri biasanya disantap untuk makan siang. Nasi kepal khas Jepang ini diberi berbagai macam isian seperti daging ayam, tuna mayo, ataupun salmon, lalu dibungkus dengan nori. Sesuai namanya, nasi ini dibuat dengan cara dikepal-kepal.


Takoyaki


Takoyaki merupakan salah satu makanan ringan di Jepang. Bahan dasar utamanya adalah tepung yang diisi dengan potongan kecil cumi-cumi atau gurita. Takoyaki ini mudah dikenali karena bentuknya yang bulat. Kamu dapat menemui jajanan satu ini di sepanjang jalan di Jepang, di festival, maupun pasar malam.


Tempura


Tempura adalah makanan khas Jepang yang dibuat dengan cara dibaluri adonan lalu digoreng. Adonannya terdiri dari tepung, telur, dan air. Bahan yang dijadikan tempura bisa bermacam-macam mulai dari makanan laut hingga beraneka sayuran.


Sashimi


Jepang terkenal akan hidangan laut yang dimakan dalam kondisi mentah. Mereka percaya bahwa kandungan omega 3 pada ikan mentah sangatlah tinggi. Nah, di Jepang, hidangan ini disebut dengan sashimi. Ikan segar, biasanya tuna dan salmon, diiris tipis dengan teknik tertentu dan biasanya disantap dengan soyu (kecap asin) dan juga wasabi (pasta pedas khas Jepang).


Shabu-shabu


Mirip dengan sashimi, shabu-shabu juga menggunakan irisan daging tipis sebagai bahan utamanya. Tapi, daging yang digunakan biasanya daging sapi atau babi yang lembut. Shabu-shabu dinikmati dengan cara mengayunkan irisan daging dalam kuah mendidih. Biasanya, sebelum disantap, daging tersebut dicelupkan ke saus terlebih dahulu.


Yakitori


Cara paling mudah membayangkan yakitori adalah sate. Ya, yakitori adalah potongan daging ayam dan hati yang ditusuk lalu dibakar di atas arang. Potongan sayuran juga biasa ditambahkan ke tusuk sate.


Chawanmushi


Chawanmochi adalah sarapan di Jepang dalam bentuk telur rebus. Telur ini telah diberi berbagai bumbu yang membuatnya terasa gurih. Biasanya chawanmushi disajikan dalam mangkuk keramik kecil.


Kamus Mini Makanan Khas Jepang


Jepang merupakan negara dengan bahasa yang cukup menantang untuk dipelajari. Tak mengherankan, banyak orang Indonesia yang cukup sulit untuk mengingat nama makanan khas Jepang. Pada banyak kasus, mereka sebenarnya mengetahui bentuk sajiannya tapi tidak tahu nama makanan tersebut karena kendala bahasa.


Kamu tak perlu khawatir dan membuka buku kamus bahasa Jepang setiap ingin memakan masakan Jepang. Jika mengingat secara detail nama seluruh makanan populer di Jepang sulit dilakukan, kamu hanya harus mengingat kata kunci untuk makanan-makanan tersebut. Lihat Kamus Makanan Mini Negara Sakura kami di bawah ini.


  • Don : Kata don biasanya ada di akhir kata suatu makanan, misalnya katsudon atau gyudon. Jika kamu menemukan kata ini, makanan Jepang yang dimaksud biasanya dihidangkan bersama nasi. Sisa kata pada nama makanan tersebut biasanya merupakan keterangan pugasan. Misalnya pada kata gyudon, artinya nasi dengan pugasan berupa daging sapi (gyu).
  • Karaage : Karaage merupakan teknik masak dengan menggoreng makanan pada minyak sampai terendam. Biasanya, sebelum digoreng, potongan daging dimarinasi terlebih dahulu. Ayam dan udang adalah makanan yang paling sering dimasak dengan teknik ini.
  • Yaki : Kata ‘yaki’ pada makanan Jepang menjelaskan bahwa makanan tersebut dimasak dengan digoreng atau dipanggang. Beberapa makanan Jepang yang populer dimasak dengan teknik ini yaitu yakisoba, takoyaki, dan yakiniku.
  • Katsu: Katsu adalah sepotong daging yang dipotong menjadi bentuk datar. Daging babi atau ayam biasanya banyak digunakan pada katsu. Daging pipih ini akan dibalur dengan tepung roti sebelum digoreng.
  • Mushi : Mushi menjelaskan makanan Jepang yang diproses dengan cara dikukus. Makanan yang terkenal dengan teknik ini adalah chawanmushi. 
  • Shiru : Shiru berarti sup. Miso shiru merupakan salah satu sajian yang cukup populer di Jepang. Makanan yang satu ini berisi potongan tahu dan juga nori.

Tips Wisata Kuliner di Jepang bagi Warga Muslim


Mencari makanan yang halal di negara dengan mayoritas penduduk non-muslim memang gampang-gampang susah. Jika kamu ke Jepang, tentunya kamu harus sangat selektif dalam memilih makanan agar hanya makanan halal saja yang masuk ke mulut kamu. Namun kamu tidak perlu khawatir karena Jepang adalah salah satu negara yang serius dalam menyediakan wisata halal. Cara yang paling efektif adalah memilih makanan dengan sajian ikan sebagai bahan utamanya, misalnya sushi.


Cara lainnya untuk dapat memastikan makanan yang kamu makan tidak mengandung babi adalah dengan menanyakannya pada pihak restoran. Untuk melakukan ini, kamu tentunya harus menguasai beberapa kosakata Jepang yang berkaitan dengan makanan haram dan halal. Kamus saku atau online dapat menjadi solusi yang jitu bagi kamu.


Kesimpulan


Berliburan ke Jepang tentunya menjadi mimpi banyak orang. Berwisata kuliner adalah salah satu tujuan banyak orang untuk datang ke negara ini. Banyak orang penasaran untuk mencicipi sushi atau ramen di negara asalnya. Jika kamu berkesempatan pergi ke Jepang, buatlah daftar makanan khas negara ini yang ingin kamu santap. Jangan lupa memastikan kehalalan makanan tersebut ya bagi kamu yang muslim.

0 Komentar