5 Rekomendasi Wisata Ekstrim di Indonesia

5 Rekomendasi Wisata Ekstrim di Indonesia - Indonesia adalah rumah bagi beberapa tempat paling indah dan unik di dunia. Negara ini dikenal memiliki lanskap yang beragam dan sumber daya alam yang melimpah, menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi para pelancong. Jika Anda mencari petualangan di surga, maka ada banyak kegiatan menarik yang menanti Anda seperti wisata ekstrim di Indonesia.

5 Rekomendasi Wisata Ekstrim di Indonesia

1. Menyelam Scuba

Jika Anda ingin menyelam scuba, Indonesia adalah tempat yang tepat untuk memulai. Negara ini memiliki beberapa tempat menyelam terbaik di dunia dan ada banyak tempat menyelam yang berbeda di seluruh Indonesia untuk dipilih. Beberapa tempat teratas termasuk Bali, Lombok dan Komodo. Ketiga lokasi ini memiliki beberapa kehidupan laut yang paling dicari seperti pari manta, hiu paus, dan penyu. Jika Anda tertarik untuk melihat makhluk-makhluk unik ini dari dekat, maka tempat-tempat ini pasti ingin Anda kunjungi!


2. Berselancar

Berselancar adalah salah satu olahraga ekstrim paling populer di Indonesia yang sudah jadi bagian wisata. Ada banyak tempat berselancar di Indonesia. Berselancar bisa dilakukan di banyak tempat di Indonesia, termasuk Bali dan Lombok. Anda bisa pergi sendiri atau bersama teman, anggota keluarga atau orang yang Anda cintai.


3. Lompat Tebing

Lompat tebing adalah olahraga ekstrim yang populer dan bisa ditemukan di beberapa tempat wisata di Indonesia. Ini melibatkan lompatan dari tebing ke laut, atau hanya menyelam ke perairan dangkal dan terbang di udara sebelum mendarat. Aktivitas ini berbahaya, dan tidak boleh dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman. Kegiatan ini juga tidak diperbolehkan sepanjang tahun-misalnya, melompat dari tebing di Bali selama musim hujan (biasanya Juni hingga Oktober) adalah ilegal.

Salah satu tempat paling terkenal untuk lompat tebing di Indonesia adalah Bukit Jambul di Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk sampai ke sana, Anda bisa naik mobil sendiri atau menyewa taksi dari pusat kota Mataram (sekitar 30 menit perjalanan), dengan biaya sekitar Rp 300 ribu ($ 20). Selain menjadi pengalaman yang menggembirakan dengan pemandangan yang menakjubkan ke seluruh Pulau Nusa Penida dari atas permukaan laut, ada juga kesempatan untuk mendaki bukit-bukit terdekat dengan sawah serta berenang di pantai di sebelahnya jika Anda tidak ingin mengambil risiko! Ingatlah bahwa daerah ini ramai pada akhir pekan jadi cobalah untuk pergi lebih awal jika memungkinkan!


4. Trekking Gunung Berapi

Indonesia adalah rumah bagi beberapa gunung berapi paling aktif di dunia. Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti hal yang baik, sebenarnya ada banyak alasan mengapa Anda harus ingin lebih dekat dengan gunung-gunung berapi tersebut.

Trekking gunung berapi adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati lanskap gunung berapi Indonesia dari dekat, serta mendapatkan wawasan tentang kehidupan masyarakat yang tinggal di dekat keajaiban geologi aktif ini.

Satu hal yang akan Anda perhatikan tentang banyak gunung berapi di Indonesia adalah bahwa gunung-gunung berapi tersebut ditutupi oleh hutan yang lebat, sehingga melihatnya dari atas tidak selalu memungkinkan. Namun, dalam perjalanan trekking gunung berapi, Anda akan sering menghabiskan waktu menjelajahi hutan-hutan ini dengan berjalan kaki atau menunggang kuda (tergantung pada seberapa banyak usaha yang ingin Anda lakukan), memberi Anda akses ke daerah-daerah yang biasanya tidak dapat diakses dengan cara lain.

Ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang layak dikunjungi jika Anda tertarik dengan jenis kegiatan ini: Rinjani di Pulau Lombok; Gunung Bromo (Jawa Timur); Gunung Semeru (Jawa Timur); Danau Batur (Bali); Danau Kawah Ijen (Jawa Timur).


5. Eksplorasi Gua

Penjelajahan gua adalah aktivitas yang menyenangkan bagi banyak orang. Indonesia memiliki banyak gua, termasuk:

  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Taman ini dikenal karena keindahan alamnya dan dipenuhi dengan pemandangan yang menakjubkan, termasuk gunung berapi aktif seperti Bromo dan Semeru. Ada juga banyak gua di sini yang bisa Anda jelajahi, seperti Goa Jambon (juga disebut "Gua Jambon"), Goa Ploso (juga disebut "Gua Ploso"), dan Goa Kecil (juga disebut "Gua Kecil").
  • Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat. Terletak di dekat Gunung Gede Pangrango, taman nasional ini adalah rumah bagi beberapa jenis flora dan fauna-termasuk harimau! Salah satu hal terbaik tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah sistem guanya yang telah dieksplorasi oleh para ilmuwan dari seluruh dunia setidaknya sejak tahun 1979 ketika mereka menemukan bukti sisa-sisa manusia prasejarah di dalam satu gua tertentu dalam sistem ini yang disebut Cibuaya atau Candi Kedaton.

Semua kegiatan ini adalah cara yang bagus untuk merasakan keajaiban Indonesia, tetapi juga bisa berbahaya. Sangat penting untuk berhati-hati dan tidak langsung terjun tanpa mengetahui apa yang Anda lakukan. Jadi sebelum memulai petualangan apa pun, pastikan Anda tahu apa yang diperlukan dengan berbicara dengan penduduk setempat atau melakukan penelitian sebelumnya!


Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Wisata Ekstrim di Indonesia"